Endemi, Pandemi, Epidemi, dan Wabah: Inilah Beda Istilah Epidemiologinya

Ilustrasi: Akibat pandemi Covid-19, bisnis pendidikan mengalami krisis. (Ist.)
Ilustrasi: Akibat pandemi Covid-19, bisnis pendidikan mengalami krisis. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Istilah pandemi telah akrab di keseharian kita sejak awal 2020. Setelah hampir dua tahun kita hidup di dalam suasana pandemi, WHO mengeluarkan pernyataan bahwa setelah keluar dari pandemi ini, Corona akan menjadi endemi. Apakah perbedaan dari endemi, pandemi, dan epidemi?

Secara mudah kita dapat memahami bahwa pandemi merupakan penyakit endemi yang berkembang epidemi dan jika penyebaran penyakit film ini meluas hingga seluruh dunia, maka disebut dengan pandemi. WHO memutuskan Covid-19 sebagai pandemi global pada 11 Maret 2020 dan masih berlangsung hingga tulisan ini diturunkan.

BACA JUGA:

Endemi adalah penyakit yang muncul dan menjadi karakteristik di wilayah tententu, misalnya penyakit malaria di Papua. Contoh penyakit lainnya di Indonesia adalah Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit ini akan selalu ada di daerah tersebut, tetapi dengan frekuensi atau jumlah kasus yang rendah.

Sedangkan epidemi adalah suatu penyakit telah menyebar dengan cepat ke wilayah atau negara tertentu dan mulai memengaruhi populasi penduduk di wilayah atau negara tersebut. Misalnya penyakit virus Ebola di Republik Demokratik Kongo (DRC) pada tahun 2019, flu burung (H5N1) di Indonesia pada 2012, dan SARS (Severe Acute Respiratoty Syndrome) pada tahun 2003 yang menelan ratusan jiwa korban, serta penyakit Ebola di negara Afrika serta penyakit yang disebabkan oleh virus Zika.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*