EFFAST: Mesin Pengolahan Sampah Sisa Makanan Hasil Temuan Mahasiswa UII

Sharing for Empowerment

BACA JUGA:

“Agar tidak menimbulkan permasalahan lingkungan seperti ledakan timbulan sampah yang disebabkan banyaknya gas metan dan menipisnya lapisan ozon,” tutur dia.

Mekanisme kerja temuan ini adalah pengolahan sampah diawali dari sampah sisa makanan yang bertekstur lunak dimasukkan ke dalam mesin. Kemudian, sampah itu akan dicacah dengan motor pencacah, sesuai dengan signal yang dikirimkan oleh micro controller arduino mega. Proses pencacahan berfungsi untuk memperluas permukaan bahan sehingga dapat mempercepat proses pengeringan.

“Sampah kemudian dipanaskan dengan menggunakan heater. Sampah tersebut menjadi pupuk dengan faktor yang mempengaruhinya yaitu berat jenis sampah, suhu, kelembaban, dan waktu pengolahan,” ungkap Nurul.

Setelah beberapa kali uji coba, EFFAST berhasil mengolah sampah menjadi pupukorganik kering. Produk olahan ini dapat dijadikan sebagai pupuk organik bagi tanaman.

“EFFAST menjadi salah satu solusi inovatif teknologi pengolahan sampah sisa makanan skala rumah tangga sebagai upaya mengurangi timbulan sampah di TPA,” pungkas Ahmad.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*