Hari Nyamuk Sedunia 20 Agustus: Hindari Jenis Nyamuk Paling Berbahaya Ini

hari nyamuk sedunia,
Ilustrasi: Nyamuk (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Nyamuk Sedunia diperingati setiap tanggal 20 Agustus. Nyamuk merupakan serangga kecil yang sangat mengganggu dengan suara dengungnya saat kita tidur. Tidak hanya itu, nyamuk juga dapat menjadi vektor atau penghantar beragam penyakit.

Peringatan Hari Nyamuk Sedunia sebenarnya merupaan peringatan atas ditemukannya nyamuk Anopheles betina yang menularkan malaria antar manusia oleh Sir Ronald Ross pada tahun 1897. Awalnya, pada zaman awal masa pertanian saat malaria muncul, malaria dianggap sebagai sebuah penyakit kutukan dari dewa.

BACA JUGA:

Namun, jejak pertama parasit malaria ditemukan pada sisa-sisa nyamuk yang berusia lebih dari 30 juta tahun. Malaria merupakan infeksi parasit yang telah menyebar ke seluruh benua, kecuali Antartika dan tetap menjadi masalah hingga kini di Afrika, Asia Selatan, dan Karibia. Terdapat lebih dari 200 juta orang terjangkit malaria setiap tahun.

Sir Ronald Ross merupakan seorang ahli bedah tentara Inggris yang bekerja di India, dan ia membuktikan bahwa nyamuk menularkan malaria dengan mengidentifikasi parasit malaria berpigmen pada nyamuk yang mengisap pasien yang sedang terinfeksi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*