99 Pekerja Film di Indonesia, Ki Slamet Rahardjo: Film Bukan Seni Murni!

Sharing for Empowerment

Sementara itu Ki Slamet Rahardjo, aktor, sutradara, penulis skenario senior yang mendapat gelar dari Taman Siswa tersebut, menyampaikan bahwa, “Film bukan seni murni, karena film proses penciptaannya didominasi teknis visualisasi sinematografi. Film adalah karya seni sealigus anak teknologi Perkembangan teknologi membuat para pembuat film dapat bergerak lebih leluasa untuk berkembang.”

Menurut Ki Slamet Rahardjo, “Untuk melayani vokasi dan kampus merdeka diperlukan layer-layer dalam seluruh peluang pekerja film di industri film Indonesia. Sinematografi hanya bisa dikuasai oleh orang mampu memahami apa itu karya cipta.”

Terdapat 14 departemen utama dalam sebuah pengerjaan film. 14 Departemen tersebut diurai lagi hingga terdapat 85 pekerjaan yang juga melibatkan pekerja dari SMP atau SMK. 99 bidang kerja pendukung ditambah 14 departemen utama.

Urutan jenjang pekerja film dalam 99 peluang karier industri film di Indonesia antara lain: jenjang SMP adalah operator awal, SMA adalah operatoer muda, D-1 merupakan operator madya, D-2 merupakan analisis awal, D-3 adalah analisis muda, D-3 hingga S-1 merupakan analisis madya. Tuntutan dalam riset sebuah film dapat dilakukan oleh beragam jenjang tersebut.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*