Unisbank Semarang Kembangkan Aplikasi Pendeteksi Bahasa Isyarat

Ilustrasi orang yang sedang berkomunikasi dengan bahasa isyarat. (KalderaNews.com/Foto.Ist)
Ilustrasi orang yang sedang berkomunikasi dengan bahasa isyarat. (KalderaNews.com/Foto.Ist)
Sharing for Empowerment

SEMARANG, KalderaNews.com – Bahasa isyarat sangat penting bagi para penyandang tunarungu agar mereka dapat berkomunikasi, baik kepada sesama tunarungu, maupun dengan orang lain. Dari keprihatinan tersebut, Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang, Jawa Tengah mengembangkan aplikasi deteksi bahasa isyarat.

Aplikasi berbasis gawai ini memungkinkan setiap orang menterjemahkan bahasa isyarat sehingga dapat dipahami oleh semua orang. Aplikasi ini berguna bagi setiap orang yang berkomunikasi dengan bahasa isyarat.

Sementara ini, aplikasi ini baru bisa mendeteksi huruf mulai dari A sampai Z dan sebagian kata, misalnya “saya”, “bapak” dan beberapa kata lain. Ke depan aplikasi ini akan dikembangkan menjadi lebih kaya sehingga semakin efektif sebagai alat bantu komunikasi bagi mereka yang menggunakan bahasa isyarat.

BACA JUGA:

Kaprodi Teknik Informatika Unisbank, Eri Zuliarso, menjelaskan aplikasi ini akan terus dikembangkan. Nantinya, aplikasi ini diharapkan akan dikembangkan sehingga juga dapat menterjemahkan mimik wajah orang yang melakukan bahasa isyarat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*