Inilah 9 Aktor yang Pernah Berperan Sebagai Presiden Sukarno, Dari Umar Kayam Hingga Baim Wong

Sharing for Empowerment

Martin Schwab – Soekarno Blues (1999)

Soekarno Blues adalah film fiksi karya Hans Hylkema yang tayang perdana di televisi Belanda. Tokoh Presiden Sukarno dalam film ini dimainkan aktor Belanda keturunan Indonesia, Martin Schwab, yang sebelumnya juga pernah memerankan peran orang Indonesia zaman kemerdekaan di film “Oeroeg”.

Sultan Saladin – Gie (2005)

Soultan Saladin pernah tampil sebagai Sukarno di film “Gie” (2005) di bawah arahan sutradara Riri Riza. Dalam film itu, aktor senior ini beradu akting dengan para bintang film muda berbakat seperti Nicholas Saputra, Wulan Guritno, dan Lukman Sardi.

Imam Wibowo – Ruma Maida (2009), Soegija (2012), Sang Kiai (2013)

Film “Soegija” karya Garin Nugroho merupakan film di mana Imam Wibowo memerankan tokoh Presiden Sukarno. Tak hanya itu, Imam Wibowo juga memerankan Sukarno di film “Ruma Maida” dan “Sang Kiai”.

Tio Pakusadewo – Pantja-Sila: Cita-Cita dan Realita (2016)

Aktor Tio Pakusadewo juga pernah memerankan Presiden Sukarno di film “Pantja Sila: Cita-Cita & Realita”. Tio pernah mengungkapkan bahwa memerankan Sukarno adalah suatu beban yang berat, tapi juga membanggakan. Film itu tayang di bioskop pada tahun 2016.

Baim Wong – Ketika Bung di Ende (2013), Jenderal Soedirman (2013)

Baim Wong pun sudah memerankan karakter Sukarno dalam film sebanyak dua kali, yakni pada film “Ketika Bung di Ende” dan juga di film “Jenderal Soedirman” tahun 2013.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*