Hari Kidal Internasional 13 Agustus: Sejarah dan 16 Fakta Menariknya

Sharing for Empowerment
  1. Laki-laki lebih banyak sebagai pengguna tangan kiri. Dan jumlah total pengguna tangan iri hanya 10% dari seluruh populasi dan jumlah ini tidak berubah selama ribuan tahun.
  2. Pengguna dominan tangan kidal cenderung lebih baik dan multi-tasking. Sebuah tes di New York membuktikan bahwa orang bertangan kidal lebih banyak memiliki IQ di atas 140.
  3. Seperti dominasi penggunaan tangannya, orang kidal banyak mengunyah makanan dengan geraham sebelah kiri. Sebaliknya, orang yang dominan tangan kanan mengunyah di sebelah kanan.
  4. Pengguna tangan kiri tetap melakukan jabat tangan dengan tangan kanan. Karena anggapan bangan menjabat tangan dengan menggunakan tangan kiri adalah tanda tidak hormat. Anggapan ini muncul sejak Abad Pertengahan ketika orang-orang membersihkan tangan kirinya setelah keluar dari toilet atau wc,
  5. Pengguna dominan tangan kiri atau kidal sering dianggap inferior dibanding pengguna dominan tangan kanan. Bahkan kidal diasosiasikan sebagai penyihir.
  6. Orang terkenal yang bertangan kidal antara lain: Albert Einstein, Isaac Newton, Charles Darwin, Kurt Cobain, Jimi Hendrix, Napoleon Bonaparte, Bill Gates, Oprah Winfrey, dan Paul McCartney.
  7. Lima dari tuju presiden Amerika Serikat menulis dengan tangan iri antara lain: Gerald Ford, Ronald Reagan, George H.W. Bush, Bill Clinton, dan Barack Obama.
  8. Orang kidal memiliki lebih banyak fleksibilitas mental dan lebih cenderung berpikir out-of-the-box dan kreatif. Selebriti Holywood yang terkenal dan kidal antara lain: Justin Bieber, Lady Gaga, Jon Stewart, dan Jerry Seinfeld. Bahkan pelukis Monalisa, Leonardo Da Vinci, juga merupakan pengguna dominan tangan kiri atau kidal.
  9. Bangsawan Inggris yang kidal antara lain Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, dan Pangeran William.
  10. Otak kanan pada pengguna dominan tangan kiri lebih aktif, hal ini dibuktian dengan respon rasa takut yang ditunjukkan oleh sebuah eksperimen film horor pada orang kidal saat menonton klip berdurasi delapan menit dari film Silence of the Lambs, yang diperankan oleh Antony Hopkins, menunjukan bahwa mereka lebih didominasi rasa takut.
  11. Terdapat istilah ‘sayap kiri’ yang ditemukan pada tahun 1790, saat itu parlemen dari reolusi Perancis yang mewakili orang-orang sosialis memilih dudk di sebelah kiri pemimpdin siding. Orang-orang kiri saat itu dianggap mush dari kepentingan elit-elit tradisional.
  12. Kata ‘left’ dalam bahasa Inggris berasal dari kata ‘lyft’ Anglo Saxon lama, yang diterjemahkan secara harfiah sebagai kata lemah atau rusak. Sedangkan bahasa Jerman untuk tangan kiri adalah ‘linkisch’ yang berarti canggung atau ragu.
  13. Cincin pernikahan di jari manis tangan kiri ini berakar dari budaa orang Yunani dan Roma yang beranggapan bahwa mengenakan cincin itu aan menangkal setan bersama tangan kirinya.
  14. Kata ‘left’ atau kiri dikaitkan dengan kata orang yang suka mengancam yakni ‘sinestra’. Kata sinestra ini memiliki makna aslinya yaitu ‘left’ atau arti lainnya ‘setan’ atau ‘tidak beruntung’.
  15. Dalam film The Simpson, karakter Ned Flanders membuka toko untuk mengenali penderitaan orang-orang kidal. Produk hasil kerja si kidal dinamai ‘The Lefttorium’.
  16. Menurut legenda, Lucifer dan penyihir memiliki dominan tangan kiri. Mungkin itu sebabnya banyak ritual keagamaan yang mengharuskan menggunakan tangan kanan, termasuk label ‘tangan baik’ untuk tangan kanan

Selamat memperingati Hari Kidal Internasional buat sabahat KalderaNews di seantero dunia.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*