Instiper Yogyakarta Gandeng Astra International Dampingi Pengrajin Gula Kelapa

Produsen Gula Kelapa di Pacitan Jawa Timur
Ilustrasi: Produsen gula kelapa. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Dalam menjalankan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tahun 2020-2021 Instiper Yogyakarta bekerja sama dengan PT Astra International (Astra). Kerja sama ini dilakukan melalui divisi Environment and Social Responsibility Astra.

Dalam hal ini, Astra memberi kepercayaan kepada LPPM Instiper untuk membina dan memberdayakan pengrajin gula kelapa di tiga desa di Pacitan, Jawa Timur. Dengan kerja sama ini, PKM Instiper menjalankan program “Desa Sejahtera Astra” di ketiga desa itu. Tujuan Program ini adalah meningkatkan pendapatan para pengrajin gula kelapa.

Untuk PKM kali ini, LPPM Instiper mengirimkan dua dosen, yaitu Andreas W. Krisdiarto dan Erista Adisetya agar mendampingi langsung para pengrajin gula kelapa yang menjadi sasaran PKM. Sebelum memulai program, tim dari Instiper melakukan asesmen yang kemudian menghasilkan kesimpulan bahwa permasalaahan utama dalam produksi gula kelapa adalah kurangnya mutu dan higenitas produk gula kelapa.

BACA JUGA:

“Kedua masalah ini terjadi karena sistem panen dan penanganan nira yang kurang baik. Dalam prosesnya, ada campuran bahan kimia, pencetakan, dan pengemasan yang seadanya,” ujar Andreas.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*