Basuke: Sosis Sehat Buatan Mahasiswa UB, Wajib Dicoba

Sharing for Empowerment

Ikan barakuda dipilih karena mengandung vitamin B2 yang berperan penting dalam menjaga sistem syaraf agar berjalan normal, membantu memperlancar metabolisme, menyembuhkan radang kulit, mencegah penyakit jantung, dan baik bagi kesehatan mata.

Daun kelor merupakan sayuran yang memiliki kandungan gizi baik untuk kesehatan berupa protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, dan vitamin A. Sedangkan singkong dipilih karena mengandung banyak zat besi, fosfor, kalium, karbohidrat, dan lemak. Seluruh bahan tersebut difortifikasi dengan kitosan yang berfungsi sebagai bahan pengawet alami.

“Sosis yang beredar di pasaran mengandun bahan pengawet berbahaya seperti nirit. Hal tersebut menimbulkan keraguan terutama pada anak-anak dan masyarakat penggemar sosis. Sesuai penelitian mengatakan bahwa nitrosodimetilamin yang merupakan hasil reaksi nitrit dapat menyebabkan kerusaan pada hati. Selain itu, sifat karsinogenik dapat memicu berkembangnya sel kanker,” papar Surya Dewa Ramadhan, salah satu anggota tim dari UB.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*