28 Juli Hari Hepatitis Sedunia, Jenis dan Gejala Bahaya yang Harus Dikenali

Sharing for Empowerment

Hepatitis D

Jenis ini disebut sebagai hepatitis delta, disebabkan oleh virus hepatitis D. Hepatitis D jarang terjadi pada penderita yang telah terinfeksi virus hepatitis B. Jenis hepatitis D ini menular melalui cairan tubuh dari orang yang terinfeksi virus dan masuk ke tubuh seseorang yang tidak terinfeksi.

Hepatitis Delta dapat menyebabkan gejala parah dan penyakit serius yang dapat menyebabkan kerusakan hati seumur hidup bahkan kematian. Pencegahannya sama dengan hepatitis B, karena vaksin hepatitis B juga melindungi terhadap infeksi hepatitis D.

Hepatitis E

Jenis hepatitis E ini dapat menular melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Virus Heptitis E atau HEV dapat ditemukan dalam feses penderitanya. Di negara berkembang, orang dapat terkena hepatitis E dari air minum yang terkontaminasi feses dari orang yang terinfesi virus.

Sedangkan di negara maju, hepatitis E dapat terjadi setelah makan daging mentah atau setengah matang pada daging babi, daging rusa, daging babi hutan, atau kerang. Gejala yang muncul pada penderita hepatitis E adalah kelelahan, nafsu makan hilang, perut mual, dan tubuh berwarna kekuningan. Pada anak kecil, infeksi virus ini dapat tidak memunculkan gejala.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*