28 Juli Hari Hepatitis Sedunia, Jenis dan Gejala Bahaya yang Harus Dikenali

Sharing for Empowerment

Meskipun tidak selalu muncul gejala, tetapi secara umum tanda gejala yang muncul pada orang yang terinfeksi virus HBV adalah kelelahan, nafsu makan yang buruk, sakit perut, mual, dan tubuh berwarna kekuningan.

Hepatitis B merupakan penyakit jangka pendek bagi sebagian orang. Namun bagi kelompok orang laun, hepatitis B dapat berupa infeksi kronis jangka panjang yang dapat menyebabkan masalah kesehatan lain yang lebih serius seperti sirosis atau kanker hati. Pencegahan Hepatitis B ini dapat dilakukan dengan vaksinasi.

Hepatitis C

Virus hepatitis C (HCV) merupakan penyebab terinfeksinya hepatitis C ini. penularannya melalui kontak darah dengan orang yang terinfeksi. Infeksi hepatitis C ini kebanykan berasal dari berbagi jarum suntik atau peralatan lain yang digunakan untuk menyiapkan dan menyuntikkan narkoba.

Bagi sebagian orang, hepatitis C merupakan penyakit jangka pendek, tetapi ada juga yang menjadi kronis. Hepatitis C dapat mengakibatan terjadinya sirosis hati. Cara terbaik untuk mencegah penyebaran hepatitis C ini adalah dengan menghindari penggunaan alat suntik tidak steril.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*