28 Juli Hari Hepatitis Sedunia, Jenis dan Gejala Bahaya yang Harus Dikenali

Sharing for Empowerment

Tahun ini, peringatan Hari Hepatitis Sedunia atau World Hepatitis Day 2021 mengambil tema “Hepatitis Can’t Wait”. Hal ini merupakan pengingat akan ancaman hepatitis terhadap kondisi kesehatan masyarakat dunia pada 2030. Keterangan dari WHO menyebutkan bahwa satu orang meninggal setiap 30 detik terkait penyakit hepatitis.

Jenis Hepatitis yang harus dikenali beserta gejalanya adalah sebagai berikut:

Hepatitis A

Hepatitis A pertama dikenali dengan nama penyakit kuning. Jenis ini sangat menular, disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV). HAV ini dapat ditemukan di dalam darah dan feses atau tinja penderita hepatitis A.

Penyebaran hepatitis A dapat melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi atau kontak fisik dengan orang yang terinfeksi. Gejala hepatitis ini bertahan hingga 2 bulan seperti kelelahan, mual, sakit perut, dan badan berwarna kekuningan. Jenis ini dapat dicegah dengan menggunakan vaksinasi.

Hepatitis B

Hepatitis B disebabkan oleh virus hepatitis B. Penularan hepatitis B ini melalui darah, air mani, cairan tubuh lain dari penderita. Penularan dapat terjadi melalui kontak seksual (termasuk berciuman), berbagi jarum suntik bagi pelaku penyalahgunaan obat telarang, penggunaan alat suntik yang tidak steril, kontak dari ibu ke bayi saat lahir.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*