28 Juli Hari Hepatitis Sedunia, Jenis dan Gejala Bahaya yang Harus Dikenali

Peringatan Hemofilia Sedunia
Ilustrasi: laboratorium darah (doc. KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tidak banyak yang mengetahui bahwa setiap tanggal 28 Juli merupakan peringatan Hari Hepatitis Sedunia. Hepatitis merupakan peradangan pada hati yang terjadi karena toxin, seperti kimia atau obat atau bahkan penyebab infeksi lainnya.

Hepatitis yang berlangsung kurang dari enam bulan disebut hepatitis akut sedangkan yang telah berlangsung lebih dari enam bulan disebut hepatitis kronis. Hepatitis kerap disebut sebagai silent killer karena penderita sering tidak menyadari telah terjangkit penyakit ini.

BACA JUGA:

Penetapan Hari Hepatitis Sedunia pada tanggal 28 Juli tersebut merupakan usulan dari delegasi Republik Indonesia dalam Sidang Badan Eksekutif WHO ke-126 pada tanggal 23 Januari 2010. Peringatan Hari Hepatitis Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global terhadap penyait hepatitis B dan C serta mendorong pencegahan, diagnosis, dan pengobatannya.

Hari Hepatitis Sedunia diperingati bersmaan dengan hari lahir Dr. Baruch Blumberg (1925-2011), penemu virus hepatitis B pada tahun 1967. Dr. Blumberg juga peraih Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1976.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*