Ngeri! Inilah Gejala Jamur Hitam yang Harus Diwaspadai di Indonesia

Sharing for Empowerment

Jamur hitam yang menyebar melalui darah

Mukormikosis diseminata merupakan infeksi yang menyebar melalui aliran darah. Infeksi jamur hitam ini dapat menyebar ke organ lain, termasuk otak, limpa, jantung, dan organ lainnya. Jamur hitam yang berada di aliran darah ini terjadi pada penderita penyakit berat, tetapi sulit mengetahui gejala khususnya.

Cara mencegah penyebaran dan penularan jamur hitam secara umum adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan. Area banyak debu, seperti di lokasi konstruksi bangunan dan penggalian termasuk area yang harus dihindari. Sebab elemen jamur dari lingkungan seperti tanah, bahan organisk yang membusuk seperti dau, tumpuan kompos, dan kotoran hewan bisa masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan, cedera atau goresan kulit.Elemen kecil jamur bahkan dapat tertelan tanpa disadari.

Selain itu, pada masyarakat umum, pencegahan yang dapat dilakukan adalah menghindari atau tidak terlalu banyak melakukan konsumsi obat yang dapat menurunkan imunitas, termasuk kortikosteroid, anti-interleukin, dan lain sebagainya. Hal ini karena makin rendahnya imun tubuh, maka kemungkinan terpapar jamur hitam akan meningkat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*