Ngeri! Inilah Gejala Jamur Hitam yang Harus Diwaspadai di Indonesia

Sharing for Empowerment

Gejala mukormikosis rinoserebral antara lain: wajah bengkak pada satu sisi, sakit kepala, hidung tersumbat, demam, kelainan berwarna hitam (black eschar) pada hidung atau mulut bagian atas.

Jamur hitam yang menyerang paru

Mukormikosis jenis ini biasanya menyerang penderita kanker. Gejala umum yang muncul antara lain: demam disertai batuk, nyeri dada, sesak napas. Gejala ini tidak membaik dengan pengobatan standar.

Jamur hitam yang menyerang saluran pencernaan

Mukormikosis gastrointestinal merupakan jamur hitam yang menyerang saluran cerna dan sering dialami oleh anak, terutama pada bayi prematur yang mendapat antioti sistemik, steroid pembedahan, dan lain sebagainya.

Gejala jamur hitam secara umum yang muncul dari mukormikosis gastrointestinal ini adalah sakit perut, mual, muntah, perdarahan gastrointestinal.

Jamur hitam yang menyerang kulit

Mukomirkosis kulit merupakan infeksi pada luka kulit, misalnya setelah operasi, luka bakar, dan lain-lain. Gejala jamur hitam secara umum yang ditimbulkan antara lain lecet atau bisul, area yang terinfeksi menghitam, nyeri, hangat, kemerahan berlebihan, bengkak di sekitar luka.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*