Ngeri! Inilah Gejala Jamur Hitam yang Harus Diwaspadai di Indonesia

Peringatan Hemofilia Sedunia
Ilustrasi: laboratorium darah (doc. KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Nama jamur hitam sempat hits saat menyerang di India dan menimbulkan ribuan korban jiwa. Jamur hitam ini setidaknya telah merenggut nyawa 4.200 orang di negara terpadat kedua di dunia tersebut. Di India, gejala jamur hitam yang muncul sangat beragam.

Jamur hitam mempunyai nama ilmiah mucormycosis ini dikabarkan telah masuk ke Indonesia. Infeksi jamur hitam ini tergolong cepat menyerang tubuh dan biasanya salah satu cara untuk menghentikan penyebarannya adalah dengan menghilangkan organ tubuh penderitanya.

BACA JUGA:

Penyakit ini muncul melalui kontak dengan spora atau elemen jamur dari lingkungan seperti tanah, bahan organik yang membusuk seperti daun, tumpukan kompos, dan kotoran hewan. Yang unik dari infeksi jamur hitam ini adalah gejala yang muncul pada penderita beragam, tergantung pada bagian tubuh mana yang terinfeksi.

Jamur hitam yang menyerang rongga sinus lalu ke otak

Disebut sebagai mukormikosis rinoserebral. Jamur hitam ini menginfeksi rongga sinus lalu menyebar hingga ke otak. Jenis infeksi jamur hitam ini biasanya hal itu dialami oleh pasien diabetes yang tidak terkontrol atau pasien transplantasi ginjal.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*