Modul Belajar bagi Orangtua untuk Membantu Anak Belajar di Rumah

Sharing for Empowerment

“Saya hanya bisa di malam hari karena harus kerja di siang hari,” katanya.

Sebagai ibu rumah tangga, dirinya memiliki pekerjaan harian di rumah dan bekerja bersama suaminya di ladang sebagai petani. Sejak pandemic, ia meluangkan waktu sekitar 1,5 jam di malam hari untuk membantu anaknya belajar.

Rosfina hanya lulusan SMP, ia memahami kapasitasnya tidak dapat disamakan dengan orang tua lulusan perguruan tinggi. Beruntung, ia cukup mampu menggunakan internet sehingga bisa membantu anaknya mencari jawaban soal-soal yang tidak diketahuinya.

“Tapi saya tetap berusaha agar anak saya memahami materi pelajaran. Saat mengerjakan tugas, saya tidak langsung memberi jawaban tapi memberi contoh dan mengarahkan sehingga ia temukan jawabannya sendiri,” ungkapnya.

Manfaat Modul

Rosfina mengaku modul ini membuat pendampingan anak di rumah menjadi lebih mudah. Di dalam modul ini sudah diatur sedemikian rupa sehingga mudah diikuti

Menjalani peran baru sebagai “guru” saat pembelajaran daring bukan perkara mudah. Juga bagi Rosfina, pengawasan aktif orangtua menjadi kebutuhan dalam memantau perkembangan pembelajaran anak-anak.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*