Anak Cerdas Terliterasi: Bukan Meminta Anak Mampu Membaca Sejak Dini, Ini Kata Pakarnya

Sharing for Empowerment

Berbeda dengan yang dilakukan istri Gubernur Jawa Barat yang sedang menempuh pendidikan doktoral ilmu komunikasi di Universitas Padjajaran, istri kepala daerah Tasikmalaya, Rukmini, menyampaikan program lain di Tasikmalaya. Program di sana diberi nama Donita dan Simbara.

Donita merupakan kependekan dari Dongeng Anak Usia Dini bersama Komunitas. Donita ini merupaan kegiatan storytelling yang bertujuan untuk mengenalkan bahan bacaan kepada anak sejak usia dini.

Sedangkan Simbara merupakan sosialisasi minat baca masyarakat kepada orang tua agar dapat dengan mudah bekerjasama dengan pendidik untuk menciptakan ruang belajar bagi anak di rumah. BIla Donita ditujukan untuk anak, maka Simbara menyasar para orang tua mereka.

Istilah literasi tidak melulu tentang baca, tulis, dan hitung. Literasi pada anak usia dini merupakan sekumpulan aktitifas pada anak usia dini dalam memanai gambar dan bercerita. Pada anak usia dini, bercerita merupakan usaha mendekatan akses buku anak-anak. Literasi usia dini merupakan sebuah pengalaman print awareness, yakni kesadaran pada benda cetak untuk memEgang, menyimak, dan membaca secara langsung.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*