Indonesia Membutuhkan Pemanfaatan Big Data, Agar Kebijakan Berkualitas

Sharing for Empowerment

“Regulator yang menggunakan intuisi dalam setiap keputusannya, harus didukung oleh data yang valid, sehingga informasi itu sesuai dengan apa yang akan diputuskan,” ujarnya.

Untuk di Indonesia, Edhie memberi gambaran yang terjadi di dalam Bank Indonesia, di mana big data dimanfaatkan untuk mendukung kebijakan-kebijakan moneter di Indonesia untuk menjaga kestabilan kondisi keuangan di Indonesia.

Sementara, Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba menyoroti isu privasi dalam pemanfaatan big data. Mira tidak memungkiri bahwa dari data di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan produksi data terbesar di dunia. Namun, isu yang saat ini masih menjadi perdebatan adalah persoalan privasi data.

“Kami di Kominfo menjadi regulator yang menentukan kebijakan-kebijakan berkaitan dengan pemanfaatan big data di Indonesia,” ujarnya.

Implementasi big data di Indonesia saat ini masih dibayang-bayangi kebocoran data digital yang beberapa kali terjadi di Indonesia. Mira mengatakan sejauh ini tercatat ada 29 kasus kebocoran data. Data yang bocor ini terutama yang menyangkut data-data pribadi individu yang digunakan tanpa izin.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*