Universitas Nusa Mandiri Bekali Mahasiswa Kompetensi agar Siap Hadapi Era Society 5.0

Universitas Nusa Mandiri (UNM) menggelar kegiatan sertifikasi kompetensi untuk mahasiswanya. (KalderaNews.com/Dok.UNM)
Universitas Nusa Mandiri (UNM) menggelar kegiatan sertifikasi kompetensi untuk mahasiswanya. (KalderaNews.com/Dok.UNM)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Universitas Nusa Mandiri (UNM) menggelar kegiatan sertifikasi kompetensi untuk mahasiswanya. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dalam menghadapi tantangan dunia kerja.

Kompetensi merupakan kemampuan dan keterampilan yang berkaitan erat dengan sikap, pemahaman, nilai, bakat dan minat dari seorang mahasiswa. Bekal kompetensi yang dimiliki mahasiswa akan menjadi modal utama saat terjun ke dunia kerja.

BACA JUGA:

Kepala Prodi (Program studi) Informatika, Universitas Nusa Mandiri, Anton mengatakan, ada delapan kemampuan yang dibutuhkan di era revolusi industri 4.0 yaitu kreatif, komunikatif, inovatif, pelayanan mampu beradaptasi, kemampuan manajemen, kemampuan menilai dan memutuskan, serta kemampuan bernegosiasi. Di mana kemampuan ini juga masih akan relevan di era society 5.0.

“Dalam menghadapi era society 5.0, peran perguruan tinggi sangat penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia,” papar Anton.

Selain itu, mahasiswa juga perlu memiliki kesiapan dan memiliki kemampuan berpikir secara global dalam menjawab tantangan di era society 5.0.

“Kompetensi yang dimiliki mahasiswa menjadi hal yang sangat penting, karena pada umumnya perusahaan sangat menginginkan karyawan yang memiliki kompetensi cukup baik. Seperti semangat dalam berprestasi yakni mencapai target kerja, teliti dalam menyelesaikan tugas, proaktif, punya keingintahuan yang tinggi, berempati terhadap orang lain, punya kemampuan komunikatif yang diplomatis dan persuasif,” ungkap Anton.

Hal ini tentu tidak serta merta dimiliki seorang mahasiswa. Maka, perguruan tinggi bertanggung jawab menyiapkan kompetensi dari masing-masing lulusannya agar kelak di dunia kerja mereka mampu menjawab tantangan.

“Universitas Nusa Mandiri mempersiapkan hal tersebut, salah satunya dengan kegiatan sertifikasi mikrotik MTCNA yang rutin dan wajib diikuti oleh mahasiswa prodi Informatika yang selalu digelar setiap semesternya,” kata Anton.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*