Inilah Jadwal 3 Babak Penyisihan KSN 2021 Jenjang SMP yang Dihelat pada September-November 2021

Sharing for Empowerment

Untuk jenjang SMP, seleksi terdiri dari tiga tahapan: babak penyisihan satu, babak penyisihan dua, dan kompetisi tingkat nasional. Sebelum babak penyisihan, sekolah mendaftarkan dulu calon peserta yang sudah dimulai pada Juni 2021.

Jumlah peserta yang didaftarkan masing-masing 3 peserta untuk setiap bidang perlombaan (IPA, Matematika, IPS) dengan total 9 siswa. Uji coba aplikasi dan simulasi dilaksanakan pada Juli 2021.

Babak penyisihan tahap satu (tingkat kabupaten/ kota) diselenggarakan pada September 2021. Pada seleksi tahap pertama ini, soal yang diberikan kepada para peserta berupa pilihan jamak atau pilihan ganda. Nilai jawaban soal akan digunakan untuk menentukan peringkat peserta setiap kabupaten/kota.

Babak penyisihan tahap dua (tingkat provinsi) digelar pada Oktober 2021. Peserta pada babak penyisihan tahap ini adalah peringkat 1 sampai 5 dari setiap kota/kabupaten yang lolos dari babak penyisihan tahap satu. Di tahap ini, soal yang dikerjakan peserta berupa isian atau esai. Peringkat nasional dan peringkat provinsi ditentukan menggunakan penjumlahan nilai penyisihan tahap satu dan tahap dua.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*