Kamu Perlu Tahu, 5 Juli Hari Lahir Bank di Indonesia, Begini Sejarahnya

Ilustrasi: Transaksi di bank. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Transaksi di bank. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 5 Juli diperingati sebagai Hari Bank di Indonesia. Peringatan ini merujuk kepada lahirnya Bank Negara Indonesia (BNI) sebagai bank pertama yang didirikan pemerintah Indonesia setelah kemerdekaan, tepatnya 5 Juli 1946.

Sementara, Bank Indonesia (BI) baru disahkan menjadi bank sentral oleh pemerintah melalui undang-undang pada 1 Juli 1953, seiring dengan nasionalisasi De Javasche Bank (DJB).

BACA JUGA:

De Javasche Bank adalah bank sentral yang dikuasai Belanda, termasuk pada masa perang mempertahankan kemerdekaan atau masa revolusi fisik (1945-1949), sebelum penyerahan kedaulatan pada 27 Desember 1949.

Beberapa tahun setelah penyerahan kedaulatan, pemerintah RI mengambil-alih De Javasche Bank dan menjadikannya sebagai bank sentral dengan nama Bank Indonesia (BI) sampai saat ini.

Sementara, pendirian BNI bermula Ketika pemerintah mengeluarkan undang-undang darurat mengenai pendirian Bank Nasional Indonesia (BNI) pada 5 Juli 1946. Sebelum BNI berdiri, diawali dengan pembentukan suatu yayasan pada 1945, usai proklamasi kemerdekaan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*