Momentum Blended Learning dalam Pendidikan Seni

Dosen di Prodi Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Telkom (ITT) Purwokerto, Damar Tri Afrianto, MSn
Dosen di Prodi Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Telkom (ITT) Purwokerto, Damar Tri Afrianto, MSn (KalderaNews/Dok. PribadI0
Sharing for Empowerment

Oleh: Damar Tri Afrianto, M.Sn *

PURWOKERTO, KalderaNews.com – Sepanjang pandemi ini kita tahu pendidikan daring meninggalkan jejak permasalahan yaitu problem kesenjangan. Masih banyak daerah-daerah yang belum mendapat akses internet dan ketersedian perangkat teknologi (komputer dan gawai) sebagai modal utama pembelajaran daring.

Begitu juga pendidikan dalam bidang seni, pembelajaran seni di tingkat dasar hingga perguruan tinggi terdampak paling signifikan. Pembelajaran seni pada tingkat dasar, hingga menengah, kehadiran guru seni sebagai sosok percontohan dan pemberi materi teknis hilang seketika dan berpindah ke layar-layar gawai. Mereka kehilangan sosok guru yang menjadi pandu untuk menemani mereka berproses dalam menciptakan karya seni.

Begitu juga dengan Pendidikan Seni di tingkat perguruan tinggi, semua akses sajian seni dari mulai pemeran seni rupa dan desain, festival musik, pertunjukan teater, tari dan sejumlah pagelaran seni yang lain di tutup. Aktifitas seni di ruang publik tentu akan bertentangan protokol kesehatan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*