Agar Tak Keliru, Yuk Kenali Perbedaan Program Pendidikan D1, D2, D3, D4, dan S1

Sharing for Empowerment

Program D3

Program pendidikan Diploma 3 (D3) bisa dibilang yang paling diminati, lantaran durasi tempuh dan program pendidikannya dinilai cukup untuk siap bekerja. Durasi tempuh program studi D3 adalah 3 tahun dengan SKS sebanyak 112 SKS. Setelah lulus nanti kamu akan meraih gelar A.Md atau disebut juga Ahli Madya.

Program D4

Program pendidikan Diploma 4 (D4) lebih banyak mempelajari ilmu praktik daripada teori. Program DIploma 4 (D4) menempuh masa pendidikan 4 tahun dengan jumlah SKS sebanyak 144 SKS.  Program pendidikan D4 lebih banyak mempelajari ilmu praktik atau terapan dibanding ilmu teori. Maka, lulusan program pendidikan ini seringkali disebut Sarjana Terapan.

Program S1

Berbeda dengan program pendidikan Diploma, program pendidikan Strata 1 (S1) mengedepankan ilmu teori ketimbang praktik. Bagi kamu yang lebih mengutamakan ilmu teori, program pendidikan ini sangat cocok. Program pendidikan S1 memiliki durasi tempuh 4 tahun dengan SKS sebanyak 144 – 166 SKS.

Syarat lulus program studi ini adalah skripsi, yang memiliki beban 6 SKS. Setelah lulus, kamu akan mendapat gelar dengan awalan “S” yang diikuti dengan singkatan dari jurusan yang kamu ambil, misal S.E. berarti Sarjana Ekonomi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*