Agar Tak Keliru, Yuk Kenali Perbedaan Program Pendidikan D1, D2, D3, D4, dan S1

Ilustrasi: Mahasiswa baru. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Mahasiswa baru. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bagi kamu yang masih bingung membedakan program pendidikan D1, D2, D3, D4, dan S1, yuk merapat!

Sistem pendidikan tinggi di Indonesia memiliki bermacam program pendidikan yang masih diterapkan dari dulu sampai sekarang. Ada pendidikan akademik yang mencakup pendidikan S1, S2, dan S3. Ada pendidikan vokasi mulai dari D1 sampai D4.

BACA JUGA:

Masing-masing program pendidikan memiliki keunggulan masing-masing. Nah, biar lebih jelas dan tak membuat bingung, berikut ini penjelasannya:

Program D1

Program pendidikan Diploma 1 (D1) memiliki masa belajar 1 tahun. Yang diutamakan adalah keterampilan siap kerja. Jika kamu sudah siap untuk menghadapi dunia kerja, program D1 patut kamu ambil. Setelah selesai, kamu akan mendapat gelar A.P. atau disebut Ahli Pratama. 

Program D2

Program pendidikan Diploma 2 (D2) memiliki masa belajar 2 tahun dengan praktik dan teori yang lebih banyak ketimbang D1. Perbedaan paling signifikan antara D1 dan D2 adalah durasi tempuh masa belajar dan SKS yang harus diselesaikan. Nah, ketika lulus nanti kamu akan menyandang gelar A.Ma atau disebut Ahli Muda.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*