Sekolah Santa Ursula BSD Ternyata Punya Lahan Hidroponik untuk Pembelajaran

Lahan Hidroponik Sekolah Santa Ursula BSD
Lahan Hidroponik Sekolah Santa Ursula BSD (KalderaNews/Dok. Ursula BSD)
Sharing for Empowerment

TANGERANG, KalderaNews.com – Cara menanam tanaman sekarang ini sudah sangat modern sehingga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu di antara banyak caranya yaitu menanam tanaman dengan metode hidroponik.

Istilah hidroponik ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah. Penyangga tanamannya biasanya menggunakan batu apung, kerikil, sekam, serbuk gergaji, rockwool, dan sebagainya. Teknik menanam yang satu ini mulai banyak digunakan oleh masyarakat di perkotaan karena biasanya lahan di perkotaan tidak seluas lahan di pedesaan.

Hidroponik (bahasa Inggris: hydroponic) adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

BACA JUGA:

Nah, ternyata Sekolah Santa Ursula BSD juga memiliki sebuah rumah hidroponik. Sekolah yang mulai dibangun pada bulan Juli 1990 ini ternyata memiliki sebuah tempat yang dikhususkan untuk menanam, merawat, dan memanen sayuran yang ditanam secara hidroponik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*