Hari Bhayangkara 1 Juli, Sejarah dan Temanya Tahun Ini

hari bhayangkara, polri, polisi indonesia
Logo peringatan Hari Bhayangkara 1 Juli 2021. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap tanggal 1 Juli, Indonesia memeringati Hari Bhayangkara. Hal yang menarik dari peringatan Hari Bhayangkara ini adalah tema yang berbeda setiap tahun. Pada tahun ini 1 Juli akan jatuh pada Kamis, 1 Juli 2021.

Kata Bhayangkara berasal dari zaman kerjaaan Majapahit. Bhayangkara merupakan pasukan pengawal raja pada masa tersebut. Bhayangkara memiliki tugas melindungi raja dan kerajaan.

BACA JUGA:

Setelah Majapahit runtuh dan Indonesia memasuki masa kolonial Belanda, pembentukan pasukan keamanan diawali oleh pembentukan pasukan jaga yang berasal dari orang pribumi untuk menjaga asset dan ekkayaan orang Eropa di Hinda Belanda saat itu.

Tahun 1867, warga Eropa di Semarang merekrut 78 orang pribumi untuk menjaga keamanan mereka. Meskipun 78 orang pribumi yang diberi tugas tersebut belum jelas tercatat apakah kemudian tergabung menjadi kepolisian modern Hindia Belanda.

Kepolisian modern Hindia Belanda dibentuk antara tahun 1897-1920 merupakan cikal bakal dari lahir dan terbentuknya Kepolisian Negara Republik Indonesia saat ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*