7 Universitas Terbaik di Yogyakarta Versi Webometrics

Sharing for Empowerment

Awalnya beberapa fakultas di UNY merupakan fakultas di Universitas Gajah Mada seperti misalnya Fakultas Pendidik (FIP), Fakultas Pendidikan Jasmani (FPD), dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Presiden soekarno memutuskan untuk memisahkan fakultas khusus keguruan dan pendidikan ini berdasarkan Keputuran Presiden RI No.1 tahun 1963 yang dikeluarkan pada 3 Januari 1963.

4. Universitas Ahmad Dahlan

Ilustrasi: Kampus Universitas Ahmad Dahlan. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Kampus Universitas Ahmad Dahlan. (KalderaNews.com/Ist.)

Universitas Ahmad Dahlan berada di peringkat 27 dari 100 besar universitas di Indonesia versi Webometrics. Kampus kedua di Kota Gudeg adalah Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Meski kampus ini masih tergolong muda, yaitu berdidi sejak 1996, namun beberapa jurusan di sini tidak begitu saja bisa dipandang sebelah mata. Beberapa jurusan di UAD bahkan meraih predikat akreditas A.

Saat ini, UAD menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga internasional pada bidang pendidikan dan penelitian. Sampai saat ini pun jalinan kerjasama ini masih terus dikembangkan.

5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya

Tahun ini, Universitas Atma Jaya Yogyakarta ada di peringkat 38 dari 100 besar universitas di Indonesia menurut Webometrics. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) lokasinya berada di wilayah Sleman. UAJY berdiri pada 27 September 1963 di bawah Yayasan Slamet Rijadi. Salah satu kampusnya bahkan berseberangan dengan Universitas Sanata Dharma.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*