Jenis Narkotika Beserta Bahayanya: Harus Dikenali Pelajar untuk Dihindari

Sharing for Empowerment

Gangguan berbahaya yang muncul akibat mengonsumsi ganja adalah gangguan daya pikir, gangguan pernafasan, peningkatan detak jantung, risiko serangan jantung, pemikiran bunuh diri, dll.

Ekstasi

Narkotika jenis ini merupakan obat sintesis turunan amfetamin yang dikenal memiliki efek halusinasi dan stimulannya. Narkotika jenis ini memiliki risiko tinggi disalahgunakan dan dapat menyebabkan ketergantungan.

Efek samping yang ditimbulkan oleh ekstasi adalah kebingunan, kecemasan, depresi dan gangguan tidur. Selain itu dapat menyebabkan denyut jantung dan tekanan darah meningkat, otot menegang, mual, penglihatan kabur, pusing, dan berkeringat atau kedinginan.

Penyalahgunaan ekstasi yang berlebihan dapat memberikan risiko masalah kesehatan lain yang lebih serius yakn hipertermia, gangguan kerja jantung dan pembuluh darah, gangguan mental, perilaku impulsif yang berbahaya, dan overdosis.

Lima jenis narkotika yang berbahaya ini tidak perlu disentuh bahkan hanya sekadar untuk iseng atau coba-coba. Kita perlu tahu jenisnya untuk ikut berkampanye agar makin banyak masyarakat terhindar dari dampak buruk yang ditimbulkannya. Hal ini sesuai dengan anjuran dari PBB dalam peringatan Hari Anti Narkotika Internasional tahun ini yakni #ShareFactsonDrugs #Save Lives.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*