Jenis Narkotika Beserta Bahayanya: Harus Dikenali Pelajar untuk Dihindari

Sharing for Empowerment

Dalam dunia medis kokain dipakai sebagai obat bius yang mempunyai efek penghilang nyeri saat pembedahan, terutama untuk pembedahan pada mata hidung serta tenggorokan. Karena kokain merupakan senyawa yang memberingkan pengaruh besar terhadap metabolism tubuh, maka penggunaanya harus legal atau dengan pengawasan medis.

Bahaya bila kokain digunakan tanpa pengawasan medis antara lain menimbulkan depresi atau kecemasan, aritmia, denyut jantung, tekanan darah dan suhu tubuh yang meningkat, kerusakan usus, kehilangan nafsu makan dan kekurangan gizi, kehilangan daya penciuman teruatam bila menggunakan melalui hidung. Serta risiko terinfeksi HIV bila menggunakan dengan jarum suntik.

Ganja

Ganja juga merupakan narkotika yang berasal dari tanaman. Ganja mengacu pada daun, bunga, batang, dan biji dari tanaman  bernama latin Cannabis sativa. Dalam bahasa prokem, ganja dikenal dengan istilah cimeng yang pemakaiannya dhiisap seperti rokok, dimasukkan ke dalam makanan atau diseduh sebagai teh.

Dalam dosisi tertentu, ganja dapat digunakan dengan dosis dan kandungan tertentu untuk terapi tambahan beberapa penyakit seperti Alzheimer, multiple sclerosis, gejala kaner, AIDS, epilepsi, dan lain-lain. Ganja merupakan salah satu narkotika yang kontroversial di banyak negara.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*