Jenis Narkotika Beserta Bahayanya: Harus Dikenali Pelajar untuk Dihindari

Sharing for Empowerment

Putaw

Putaw dalam istilah yang lebih resmi disebut sebagai heroin. Putaw atau heroin ini merupakan jenis narkoba adiktif yang berasal dari bunga opium poppy. Manfaat heroin dalam dunia kesehatan adalah pemakaian obat ini untuk perawatan yang efektif untuk sakit kronis yang ekstrim seperti pada pasien kanker.

Heroin termasuk narkotika illegal yang memiliki efek samping berbahaya, sebab cept sekali diserap k otak dan membuat orang ketagihan hingga sulit berhenti. Berbentuk seperti bubuk putih atau cokelat yang cara penggunaannya adalah disuntik, diisap maupun diirup.

Efek samping yang dirasakan pengguna antara lain: kesulitan bernapas, kemerahan pada kulit, mulut kering, pupil menyempit, serta mual. Overdosis dari narkotika jenis iani dapat menyebabkan pengguna mengalami hipotensi, bibir dan kuku membiru, kaku otot, kejang, henti nafas hingga kematian.

Kokain

Kokain disebut juga coke. Merupakan jenis narkotika yang sangat adiktif dan dapat memengaruhi sistem syaraf pusat. Narkotika jenis ini terbuat dari ekstrak daun tanaman koka dengan nama latin Erythroxylon coca yang berbentuk bubuk atau Kristal putih halus. Penyalahgunanaanya dengan cara suntikan atau dihirup.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*