Hari Anti Narkotika Internasional 26 Juni, Sejarah dan Temanya Tahun Ini

Sharing for Empowerment

Tidak hanya itu ketergantungan akan opium telah merajalela, sehingga Lin Zexu bertekad menumpas obat terlarang itu. Usahanya tersebut akhirnya memicu terjadinya Perang Candu antara Tiongkok dan Inggris.

Tindakan Lin Zexu merupakan tindakan yang berani karena penyalahgunaan narkotika menyebabkans ekitar 190.000 orang di dunia mati sia-sia. Selain itu, secara nyata, penggunaan narkotika yang salah, tidak sesuai dosis dapat memicu kriminalitas lain seperti pencuarian, pemerkosaan, dan pembunuhan.

Di Indonesia, peperangan melawan narkotika dan zat adiktif lainnya telah menjadi concern bagi pemerintah. Hal ini dituangkan dalam Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 menyebutkan bahwa narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan yang dibedakan ke dalam beberapa golongan.

Tahun ini PBB mengajak masyarakat untuk berkampanye bersama tentang fakta seputar narkotika yang telah membunuh jutaan orang dengan tema ShareFactsonDrug #SaveLives. Sedangkan peringatan HANI 2021 di Indonesia bertema War On Drugs atau perang melawan narkoba di masa pandemi Covid-19 menuju Indonesia Bersih Narkoba (BERSINAR).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*