Universitas Surabaya (Ubaya) Gencar Edukasi Bahaya “Penyakit” Plagiarisme

Sharing for Empowerment

Ia menegaskan bahwa terdapat keyakinan mengenai plagiarisme dapat dianggap sebagai ‘penyakit’ berbahaya dan mudah menular. Jika tidak dicegah dan diobati, perilaku plagiarisme dapat berdampak buruk pada pelakunya, menjadi pemicu kebiasaan buruk hingga terdapat pula resiko jangka panjang yang tidak terduga.

Karena itu Ide Bagus juga memaparkan mengenai bentuk pencegahannya yaitu dengan memahami secara betul pengertian dan pentingnya hal ini. Ia juga menjelaskan langkah-langkah mudah membentuk antivirus untuk menghindari dugaan plagiarisme yaitu dengan menerapkan AKui, parafraSA, dan integRAsi. Ketiga hal itu diakronimkan menjadi AK.SA.RA. yang dapat diterapkan setiap saat membuat karya publikasi.

Sebelumnya, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya) juga menggelar webinar dengan tema “Psyeduin: Sail Your Own Path” pada Sabtu, 8 Mei 2021.

Webinar ini berupaya membantu mahasiswa untuk memiliki integritas akademik. Sedikitnya 631 mahasiswa dari berbagai fakultas dan angkatan di Ubaya turut berpartisipasi dalam webinar yang digelar secara daring melalui aplikasi Zoom.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*