Universitas Dian Nuswantoro Ajak Mahasiswa Berwirausaha di Masa Pandemi

Pameran pendidikan di Universitas Dian Nuswantoro Semarang Jawa Tengah. Dok UDINUS
Pameran pendidikan di Universitas Dian Nuswantoro Semarang Jawa Tengah. (KalderaNews.com/Dok UDINUS)
Sharing for Empowerment

SEMARANG, KalderaNews.com – Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang mengajak mahasiswa untuk berwirausaha di masa pandemi. Peluang usaha ini menjadi tema dalam webinar bertajuk “Belajar Panen Uang Ala Milenial: Rahasia Bangun Bisnis di Era Pandemi”, yang digelar Senin, 21 Juni 2021.

Diskusi yang diselenggarakan melalui aplikasi Zoom ini menghadirkan narasumber Nanda Adhi Purusa (Dosen Manajemen FEB Udinus) dan Fahrein All Sandra (Digital Marketing Strategist dan pendiri Sejalan Kreatip).

BACA JUGA:

Nanda menyampaikan temuannya saat melakukan kolaborasi dengan startup digital ‘Teman Belajar’. Ia menjelaskan bahwa di kondisi yang tidak menentu saat ini, analisis makro ekonomi justru menunjukkan adanya pertumbuhan pada sektor tertentu. Ia melihat strategi dan transformasi ekonomi nasional justru mengarah pada pertumbuhan wirausaha muda.

Nanda melihat, saat ini pemerintah turut serta membantu dalam peningkatan kompetensi dan inkubasi kader-kader muda di beberapa daerah.

“Maka dari itu, mahasiswa sebagai wirausaha muda harus berani untuk memanfaatkan momentum. Jangan ragu memulai usaha!” ujarnya.

Sementara itu, Fahrein menjelaskan perihal teknis untuk memulai sebuah usaha. Penjelasan Fahrein dimulai dari update dan riset pasar. Langkah ini bertujuan untuk menentukan target pasar, merencanakan anggaran, hingga menentukan produk. Wirausahawan dituntut untuk membangun kepercayaan dalam usaha yang dijalankan.

“Sebenarnya seorang wirausaha bukanlah sosok yang mengambil segala risiko, justru mereka adalah sosok yang mampu memitigasi risiko. Jadi membangun usaha dari nol memang bukan sesuatu yang mustahil asalkan memiliki strategi-strategi dan analisis kemampuan, serta kebutuhan pasar yang tepat,” ajak Fahrein.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*