Ternyata Ini Manfaat dan Keseruan Belajar Musik, Hobi yang Patut Dicoba

Sharing for Empowerment

Meningkatkan kemampuan mengingat

Memainkan alat musik akan berkaitan dengan not balok atau tangga nada. Mengingat not balok atau tangga nada akan membuat peningkatan kinerja otak.

Melatih konsentrasi

Bermain musik membuat kita berlatih konsentrasi sekaligus. Misalnya saat bermain gitar, memetik senar gitar dengan benar diperlukan konsentrasi tinggi agar segera mahir.

Meningkatkan kemampuan sosialisasi

Memainkan alat musik membuat kita ingin bergabung dengan suatu grup atau komunitas. Hal ini berarti dengan bermain musik, kita belajar untuk bersosialisasi secara tidak langsung. Bergabung dengan komunitas atau grup yang sama-sama mempelajari musik akan membantu kita belajar musik lebih efektif karena ada teman sharing.

Kontrol ego

Saat belajar sebuah instrumen, kita belajar tempo. Tempo merupakan hal yang cukup penting untuk mengatur kecepatan bermusik. Untuk menghasilkan musik yang enak didengar kita perlu tempo yang ideal. Tempo yang ideal bisa didapat denagn mengatur ego hingga tercipta musik yang harmonis. Secara tidak langsung bermain musik dapat membantu kita mengontrol diri.

Belajar mendengarkan

Musik merupakan seni yang dinikmati melalui indera pendengaran. Mendengarkan merupakan sebuah keterampilan yang harus dimiliki saat belajar musik. Kesabaran dalam mendengarkan dapat menghasilkan musik yang harmonis dan disukai banyak orang. Belajar alat musik tententu dapat membantu kita menjadi pendengar yang baik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*