Ternyata Ini Manfaat dan Keseruan Belajar Musik, Hobi yang Patut Dicoba

Mimpi Jadi Kota Musik Dunia ke-18 Versi UNESCO? Ini yang Sebaiknya Dilakukan Ambon
City of Music atau Kota Musik Ambon (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Musik Sedunia diperingati setiap tanggal 21 Juni. Peringatannya menjadi pemantik bagi kita untuk belajar musik.

Musik telah lekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Sejak bangun tidur, alarm kita saja sudah berbentuk musik yang membuat terjaga. Musik merupakan suara yang disusun sedemikian rupa hingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan dari suara yang dihasilkan dari alat yang menghasilkan irama.

BACA JUGA:

Sebagai salah satu bentuk seni, musik tidak hanya sebatas bunyi atau suara yang dihasilkand ari alat musik, apapun yang dapat menghasilkan bunyi atau suara itu dapat dianggap sebagai musik atau istilahnya adalah musik alam.

Musik dikenal sejak zaman manusia modern homo sapiens, yakni sekitar 180 ribu hingga 100 ribu tahun lalu. Meskipun tidak ada yang tahu kapan manusia mulai mengenal seni dan musik. Pada sejarah perkembangan musik, alat musik yang dipakai manusia pada awalnya bukanlah seperti alat musik yang dikenal sekarang.

Memainkan alat musik tertentu, zaman sekarang, tidak hanya sekadar hobi melainkan dapat digunakan sebagai sumber penghasilan. Selain dijadikan sumber pendapatan, inilah manfaat yang dapat diperoleh dari belajar musik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*