Kamu Tidak Lulus SBMPTN? Lakukan Saja Hal Ini

Sharing for Empowerment

Mendaftar di Sekolah Vokasi & Politeknik

Pendidikan lain, seperti vokasi dan politeknik dapat menjadi pertimbangan lain apabila kamu tidak lolos seleksi di PTN. Ada juga banyak pilihan akademi yang juga dapat menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan.

Untuk pendidikan vokasi umumnya menyediakan tingkat pendidikan D3 dan politeknik dan akademi menyediakan D1 hingga D4. Biasanya, lembaga pendidikan ini justru mengedepankan kerja praktik ketimbang teori. Beberapa pendidikan vokasi dan politeknik juga menyediakan sistem kedinasan atau ikatan kerja dengan beberapa perusahaan ternama.

Kuliah ke Luar Negeri

Impian kuliah ke luar negeri bukan tidak mungkin terwujud. Saat ini banyak tawaran beasiswa untuk pelajar Indonesia yang ingin kuliah ke luar negeri. Sering kali, mahasiswa yang tidak diterima di PTN bahkan bisa diterima kuliah di luar negeri dengan beasiswa penuh

Kerja Sambil Belajar

Kamu juga bisa kok kuliah sekalian bekerja. Dengan bekerja, kamu juga dapat mengeksplorasi hal-hal yang belum banyak kamu ketahui sekaligus menambah pengalaman. Tapi jangan karena kamu keasyikan bekerja, kamu lupa belajar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*