10 Manfaat Donor Darah, Aktivitas Kemanusiaan yang Diperingati Setiap 14 Juni

Sharing for Empowerment

Mempercepat penyembuhan luka

Tubuh akan melakukan penyesuaian terhadap sel darah merah. Hal ini sama seperti ketika tubuh mengalami luka yang mengakibatkan pengurangan sel darah merah. Kondisi ini membuat penyembuhan luka terjadi lebih cepat.

Menurunkan berat badan

Saat donor darah, tubuh membakar kalori sebanyak 650 dalam mengeluarkan 450 ml darah. Namun, ini bukan cara yang baik untuk melakukan penurunan berat badan. Pola hidup sehat dengan menjaga asupan makanan dan olahraga merupakan pilihan terbaik.

Membuat pikiran lebih bahagia

Donor darah merupakan aktivitas mulia yang dapat menyelamatkan jiwa seseorang. Menolong sesama akan membuat pikiran kita lebih bahagia.

Sepuluh manfaat donor darah tersebut dapat dijadikan motivasi yang kuat agar kita makin rajin melakukan donor darah. Namun, kita harus tetap memerhatikan kondisi kesehatan dan syarat lain.

Donor darah dapat dilakukan secara rutin untuk pria sebanyak 3 bulan sekali sedangkan perempuan dapat melakukan setiap empat bulan sekali.

Tidak semua orang diizinkan melakukan donor darah. Kondisi kesehatan yang tidak diperbolehkan untuk melakukan donor darah: diabetes, kanker, epilepsi atau sering kejang, penyakit menular seperti sifilis, hepatitis B atau C hingga HIV, gangguan darah seperti hemophilia, pecandu narkoba atau minuman keras.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*