10 Manfaat Donor Darah, Aktivitas Kemanusiaan yang Diperingati Setiap 14 Juni

Sharing for Empowerment

Menurunkan risiko kanker

Donor darah dapat mengurangi zat besi yang berlebih dalam tubuh. Kadar zat besi dalam tubuh yang berlebih dianggap menjadi salah satu penyebab meningkatkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dalam tubuh ini dapat menjadi faktor risiko terjadinya kanker.

Menjaga kesehatan jantung

Donor darah yang teratur dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Donor darah dapat membantu menurunkan kekentalan darah. Darah yang kental akan membuat gesekan di antara darah dan pembuluh darah. Gesekan yang terjadi dapat merusak sel-sel dinding pembuluh darah dan meningkatkan risiko terjadinya sumbatan di pembuluh darah.

Menurunkan kolesterol

Sama seperti kekentalan darah yang turun karena donor darah, demikian juga dengan kolesterol. Kolesterol yang meningkat dapat membuat sumbatan di peredaran darah.

Panjang umur dan mencegah penuaan dini

Donor darah yang dilakukan secara teratur akan membuat kulit beregenasi secara sempurna. Kadar zat besi yang berlebih dapat meningkatkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab penuaan dini.

Merawat organ hati

Tingginya zat besi juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada organ hati. Zat besi yang berlebih dapat memicu beberapa penyakit salah satunya adalah hepatitis C.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*