Peraih Gelar Magister Hukum Oxford dan Harvard Pertama di Indonesia Membagi Tip Belajarnya, Simak Yuk

gelar hukum, magister hukum,
Ilustrasi: Muhammad Rifky Wicaksono, peraih gelar Master of Laws dari Harvard Law of School. (KalderaNews.com/*@m.rifky.w)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Muhammad Rifky Wicaksono adalah dosen di Fakultas Hukum UGM yang baru saja mendapatkan gelar master hukum Harvard University. Rifky, panggilan akrabnya, merupakan orang pertama di Indonesia yang meraih gelar dari almamater mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Rifky dinyatakan lulus dari program Master of Laws Harvard Law School dalam waktu 10 bulan dan diwisuda Mei lalu. Tidak hanya menjadi orang pertama yang meraih gelar master hukum dari Harvard, Rifky juga orang pertama dari Indonesia yang meraih gelar Magister Juris dari University of Oxford 2017 silam dengan beasiswa dari Jardin Foundation.

BACA JUGA:

Di balik prestasinya di bidang hukum itu, Rifky mempunyai kisah yang unik. Salah satunya adalah Rifky sempat gagal dalam ujian nasional saat SMA. “Saat itu saya terlalu terlena menyiapkan diri megikuti lomba debat internasional. Saat itu juga saya menyadari lengah untuk belajara, berjuang dan bekerja keras mempersiapkan Ujian Nasional,” papar Rifky.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*