Pakar Mikrobiologi Esa Unggul: Pelajar dan Mahasiswa juga Harus Divaksinasi

Sharing for Empowerment

“Memang betul bahwa tidak semua orang perlu divaksinasi, namun para pelajar dan para mahasiswa adalah sivitas akademika yang jumlahnya paling banyak di setiap universitas dan sekolah,” ungkap Prof. Maksum.

Jadi, menurut Prof. Maksum, tidak mungkin membuka sekolah atau kampus tanpa memperhatikan kondisi peserta didiknya. Maka, program vaksinasi ini bukan terbatas pada para pendidik saja, namun juga penting bagi siswa, tenaga kependidikan, keluarga para siswa dan mahasiswa, serta keluarga guru dan masyarakat luas.

Lantas, sudah siapkah membuka sekolah tatap muka?

“Vaksinasi dan menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten merupakan salah satu kunci untuk menghentikan pandemi Covid-19. Juga untuk mengembalikan pada keadaan kondisi normal kegiatan belajar mengajar baik di sekolah maupun di pendidikan tinggi,” kata Prof. Maksum.

Maka, penting bagi pemerintah untuk menginisiasi pengadaan vaksin untuk usia anak, agar herd immunity dapat terwujud. Karena herd immunity sulit terwujud di lingkungan pendidikan, jika hanya para pendidik dan tenaga kependidikan saja yang divaksinasi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*