Agar Tradisi Tetap Lestari, Dinas Kebudayaan Jogja Gelar Kompetisi Bahasa dan Sastra Jawa

Kompetisi Bahasa dan Sastra Kota Yogyakarta tahun 2021
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, Kalderanews.com – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta kembali menggelar Kompetisi Bahasa dan Sastra Jawa tahun 2021. Ada delapan jenis perlombaan yang terbuka bagi peserta dari kalangan pelajar dan umum.

“Kompetisi ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun. Tujuannya untuk pelestarian bahasa dan sastra lokal,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetty Martanti di Yogyakarta.

Untuk mengikuti kompetisi ini, peserta tidak dipungut biaya pendaftaran alias gratis. Untuk peserta kategori pelajar dari jenjang SD hingga SMA/SMK/MA, mereka akan berkompetisi dalam beberapa nomor lomba di antaranya: macapat, geguritan, alih aksara, dan basa cerkak.

Sedangkan untuk kategori pelajar SMA/SMK/MA serta masyarakat umum dapat ikut serta dalam lomba: pranata adicara, alih manuskrip, hingga stand up comedy dan beberapa kategori lain.

BACA JUGA:

Semua materi kompetisi ini menggunakan bahasa Jawa. Pelajar dan masyarakat yang berminat mengikuti kompetisi dapat mengirimkan file karya dalam bentuk file video ke panitia. Adapun untuk kategori pelajar materi lomba dapat dikirimkan ke website Dinas Kebudayaan Yogyakarta mulai 26 Juli-6 Agustus 2021.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*