Fisika Medis, Prodi Baru UNPAR yang Menjanjikan di Masa Depan

Sharing for Empowerment

Dilandasi regulasi tersebut, UNPAR pun membuka program Fisika Medis untuk memenuhi profesi fisikawan medis tersebut.

“Kami cukup banyak berkolaborasi dengan bidang ilmu fisika yang lain. Misalnya fisika material yang dikaitkan dengan bidang medis. Kemudian berkolaborasi dengan fisika instrumentasi dan juga dengan bidang fisika partikel. Walau Fisika Medis baru dibuka, kami sudah punya pengalaman yang cukup luas,” tutur Flaviana.

Sementara itu, Reinard memaparkan bahwa program Fisika Medis bukan jalur pendidikan seorang dokter. Diksi ‘medis’ yang memang erat kaitannya dengan dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya perlu dipahami sebagai bagian baru dari fisika itu sendiri.

Fisika Medis merupakan bidang ilmu yang mengaplikasikan ilmu fisika ke dalam dunia kedokteran, terutama dalam bidang radioterapi dan radiodiagnostik.

“Misal sinar-X, itu kan perlu pengetahuan fisika, itu radiodiagnostik namanya untuk tahu diagnosis. Seperti untuk mengetahui posisi kanker, pakai bone scan, disuntikkan radioaktif, terus nanti kelihatan daerah kanker itu. Fokusnya ada dua, radiodiagnostik dan radioterapi. Mengurusi alat dan menganalisis perhitungan radiasi yang benar,” papar Reinard.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*