Sekolah Santa Ursula BSD Ternyata Punya Lahan Hidroponik untuk Pembelajaran

Sharing for Empowerment

Secara umum, ada berbagai kegiatan yang dapat dilakukan oleh warga Sekolah Santa Ursula BSD di dalam Green House ini, mulai perawatan instalasi, penyemaian sayur yang akan ditanam, penanaman jika hasil semaian sudah siap untuk ditanam, pemupukan secara teratur untuk tanaman yang sudah tumbuh, proses panen sayur sesuai dengan waktunya.

Biasanya varian tanaman yang ditanam secara hidroponik yaitu berbagai sayur-mayur antara lain bayam, kangkung, pakcoy, caisim, selada, dan sawi putih. Penanaman varian sayur juga disesuaikan dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh tenaga pendidik dan pihak yang merawat area Green House ini.

Di tengah adanya pandemi Covid-19, perawatan Green House tetap produktif. Perawatan ini dilakukan oleh beberapa tenaga pendidik dan karyawan yang memang berminat.

Selama tahun 2020 saja sudah sudah memanen sebanyak tiga kali untuk sayur pakcoy, sawi hijau, dan kangkung. Saat ini, mereka baru merawat satu area tanam bayam dan pembibitan caisim.

Keuntungan yang dapat dirasakan saat memiliki Green House adalah kami bisa makan sayur yang sehat dengan hasil tanam sendiri. Selain itu, kami bisa termotivasi untuk menanam sayuran secara hidroponik di rumah masing-masing.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*