Waspada! Inilah Profil Roket Luar Angkasa China yang Jatuh Menimpa Bumi

roket luar angkasa, roket tanpa awak, roket jatuh, roket long march 5B,
Ilustrasi: Peluncuran roket luar angkasa. (doc. KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Roket luar angkasa milik China akan jatuh menimpa bumi. Menteri Perthanan AS, Lloyd Austin mengumumkan bahwa kemungkinan roket akan jatuh pada Minggu (09/5). Sayangnya belum diketahui pasti di area mana roket tersebut akan jatuh. Diperkirakan lokasi jatuhnya adalah di wilayah Pasifik, dekat Ekuador. Namun, lokasi tepatnya belum diketahui.

Roket luar angkasa tersebut diberi nama Long March 5B ini merupakan pendorong modul pertama untuk stasiun luar angkasa China. Roket luar angkasa ini jatuh bukan karena kesalahan teknis, tetapi memang didesain seperti itu. Dengan orbit yang rendah, roket luar angkasa ini secara bertahap akan ditarik oleh gaya gravitasi.

BACA JUGA:

Ukuran roket luar angkasa Long March 5B ini, sayangnya, terlalu besar sehingga pecahannya tidak akan hancur di langit, melainkan akan jatuh hingga ke bumi. Hal ini yang perlu diwaspadai oleh warga bumi.

Tahun lalu, puing roket Long March jatuh menimpa desa-desa di Pantai Gading dan menyebabkan kerusakan struktural saja dan tidak menyebabkan korban luka hingga meninggal dunia. Roket luar angkasa Long March ini bukan roket yang pertama diluncurkan. Sejak Uni Soviet meluncurkan satelit pada tahun 1957, banyak roket dengan berat berton-ton, satelit, dan objek lainnya dikirim ke luar angkasa.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*