Hari Perawat Internasional 12 Mei, Beginilah Fakta dan Sejarahnya

Perawat
Ilustrasi: Perawat (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Perawat Internasional selalu diperingati tanggal 12 Mei di seluruh dunia. Hari Perawat Internasional ini dirayakan untuk memperingati peran dan fungsi perawat di seluruh lapisan masyarakat. Lahirnya peringatan Hari Perawat Internasional ini cukup menarik karena akan selalu dihubungkan dengan Florence Nightingale.

Perawat merupakan salah satu profesi yang berada di seluruh pelosok dunia. Inilah sejarah terciptanya Hari Perawat Internasional.

BACA JUGA:

Memperingati Hari Perawat Internasional pasti tidak lepas dari seorang tokoh dunia yang berprofesi sebagai perawat bernama Florence Nightingale (12 Mei 1820- 13 Agustus 1910) yang berasal dari Inggris. Pada zamannya, Florence Ninghtingale ini merupakan seorang reformis sosial, ahli statistika, dan menemukan ilmu keperawatan modern yang dipakai hingga saat ini.

Seorang pejabat Departemen Kesehatan dan Pendidikan dan Kesejahteraan Amerika Serikat bernama Dorothy Sutherland mengusulkan untuk memproklamasikan Hari Perawat pda Presiden Dwight D. Eisenhower. Sayangnya, usulan ini tidak disetujui oleh presiden pada saat itu. Perayaan Hari Perawat Internasional dimulai sejak tahun 1965 oleh Dewan Perawat Internasional (ICN).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*