29 Mei, Hari Lanjut Usia Nasional, Yuk Beri Perhatian kepada Lansia di Sekitar Kita

Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 29 Mei, kita memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). Tujuan peringatan HLUN untuk memberikan apresiasi semangat jiwa raga serta peran penting dan strategis penduduk lanjut usia di Indonesia.

Peringatan HLUN diinisiasi atas peran Dr. KRT. Radjiman Widyodiningrat yang memimpin sidang BPUPKI pada 29 Mei 1945. Ia tercatat sebagai anggota paling sepuh atau tertua, yang dengan kearifannya mencetuskan gagasan perlunya dasar filosofis negara Indonesia.

BACA JUGA:

Hari Lanjut Usia Nasional dicanangkan pertama kali oleh Presiden Soeharto pada 29 Mei 1996 di Semarang, Jawa Tengah.

Nah, tema peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-25 tahun 2021 adalah “Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga”. Tema tersebut mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa keluarga merupakan lembaga terkecil yang menjadi tempat persemaian cinta kasih bagi setiap orang dan orang tua yang menjadi penjuru bagi generasi muda sekaligus menjadi panutan.

Lantaran masih di masa pandemi, peringatan HLUN tahun ini pun wajib mematuhi protokol kesehatan. Kementerian Sosial sebagai penyelenggara kegiatan HLUN 2021 telah menerbitkan panduan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*