Ternyata Begini Makna Hari Raya Waisak yang Dirayakan Umat Buddha, 26 Mei 2021

Sharing for Empowerment

Sebutan Buddha diyakini bukan merupakan nama, melainkan gelar yang berarti seseorang yang telah tercerahkan atau terbangun.

Nah, Hari Raya Waisak selalu dirayakan setiap satu tahun sekali. Untuk 2021 ini akan jatuh pada Rabu, 23 Mei 2021. Tanggal Waisak tak tetap setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan penghitungan berdasarkan bulan purnama penuh pada kalender lunar kuno Vesakha (Waisak).Waisak memang biasa jatuh pada bulan Mei atau awal Juni.

Umat Buddha di setiap daerah memiliki tradisi dalam merayakan Waisak. Umat Buddha di Indonesia biasanya akan merayakan perayaan festival lampion Waisak di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Perayaan festival lampion tersebut identik dengan momen pelepasan ribuan lampion kertas yang diterbangkan ke langit.

Untuk merayakan Waisak, umat Buddha akan pergi ke tempat ibadah dan tinggal di sana sepanjang hari dan pada saat malam bulan purnama.

Waisak diyakini sebagai waktu yang tepat untuk melakukan perbuatan baik, mengambil bagian dalam melantunkan dan meditasi, merenungkan ajaran Buddha, membawa persembahan ke kuil, dan berbagi makanan ke orang-orang.




1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*