Jangan Panik! Seleksi Beasiswa LPDP Dilakukan Secara Online, Begini Ketentuannya

Beasiswa LPDP 2019
Ilustrasi: Beasiswa LPDP
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendaftaran penerimaa beasiswa LPDP tahap pertama yang telah dibuka sejak awal Mei ini cukup menjadi tantangan bagi para pejuang beasiswa. Beasiswa bergengsi ini diberikan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Informasi terkini tentang seleksi beasiswa LPDP ini bahwa prosesnya dilakukan secara daring atau online.

Panduan dan formulir pendaftaran beasiswa LPDP ini dapat diakses dan diunduh langsung melalui pranala berikut. Beasiswa LPDP ini menjadi incaran bagi para beasiswa karena menyediakan biaya pendidikan dan biaya pendukung, termasuk biaya pulang pergi. Selain itu, dengan beasiswa LPDP ini, peserta didik mendapat kesempatan untuk mendaftar di perguruan tinggi utama dunia (PTUD).

BACA JUGA:

Seleksi beasiswa LPDP ini dibagi menjadi dua tahap, untuk perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri. Tahap pertama, seleksi beasiswa LDPD diperuntukkan bagi peserta didik yang memiliki LoA (Letter of Acceptance) unconditional. Dan pada gelombang kedua, seleksi beasiswa LPDP ini diperuntukkan bagi pendaftar yang belum memiliki LoA Unconditional.

Seperti informasi yang dirilis di situs resmi LPDP, seleksi beasiswa ini akan diselenggarakan sejak Mei hingga Desember 2021. Kesempatan pendaftaran pertama diberikan pada peserta hingga 1 Juni 2021. Sesuai pernyataan Direktur Beasiswa LPDP, Dwi Larso, melalui kanal resmi YouTube LDPD RI bahwa seleksi beasiswa tahun ini akan diselenggarakan secara daring mengingat kemungkinan besar masih akan terlaksana di tengah pandemi Covid-19.

“Semuanya (proses seleksi beasiswa) akan online, tentunya kita berpikir dalam 2 hingga 3 bulan ke depan kelihatannya pandemi Covid-19 masih bereda, jadi akan aman online,” demikian papar Dwi Larso. Dwi Larso juga menegaskan bahwa pihaknya akan memastikan seluruh proses seleksi beasiswa akan memperhatikan protokol kesehatan.

Jenis beasiswa LPDP ini ada tiga, yakni beasiswa afirmasi, tertarget, dan regular non PTUD. Selian itu ada juga seleksi beasiswa LPDP untuk perguruan tinggi utama dunia (PTUD). Ada empat tahap seleksi beasiswa yang harus diikuti untuk peminta beasiswa afirmasi, tertarget, dan regular non PTUD yakni seleksi administrasi, seleksi substandi akademik (tes bakat skolastik/TBS) dan seleksi substansi kebangsaan, wawancara, dan seleksi akhir.

Sedangkan untuk peminat beasiswa PTUD, urutan seleksi beasiswa LPDP meliputi seleksi administrasi, substandi kebangsaan, wawancara, dan seleksi akhir. Bila kamu berminat mengincar salah satu jenis beasiswa yang disediakan LPDP ini, segera persiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Buatlah dalam bentuk soft-file juga.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*