3 Jenis Program Beasiswa LPDP Ini, Mana yang Menjadi Incaranmu

Pemburu Beasiswa LPDP
Para pemburu Beasiswa LPDP (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Program beasiswa LPDP-Lembaga Pengelola Dana Pendidikan- tahap pertama tahun ini telah dibuka. Proses pendaftarannya telah dibuka sejak awal Mei hingga awal Juni 2021. Program beasiswa LPDP ini harus dikenali jenisnya agar tidak keliru saat mendaftar.

Beasiswa LPDP merupakan program pembiayaan yang disediakan oleh Kementerian Keuangan. Program beasiswa LPDP ini memberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi terbaik dunia dan tanpa biaya. Program ini akan menanggung seluruh biaya yang diperlukan, mulai dari biaya kuliah, kebutuhan hidup selama kuliah, hingga tunjangan untuk menyokong kuliah.

BACA JUGA:

Fasilitas yang diberikan LPDP memang sangat menarik dan menyebabkan beasiswa ini tidak pernah kekurangan peminat. Bila program beasiswa ini menjadi salah satu incaranmu, perhatikan jenisnya agar tidak keliru saat mendaftar. Inilah tiga jenis program beasiswa LPDP tersebut.

Program beasiswa afirmasi

Beasiswa afirmasi merupakan jenis beasiswa yang merujuk pada peserta tertentu. Yang pertama, jenis beasiswa ini ditujukan untuk orang dengan kebutuhan khusus atau difabel, peserta yang berasal dari daerah afirmasi, serta pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau peserta bidik misi saat menempuh program S1.

Daerah afirmasi adalah wilayah yang masuk ke dalam kategori daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T).  Terdapat 96 kabupaten/kota dari 11 provinsi yang tergolong daerah afirmasi.

Beasiswa tertarget

Beasiswa jenis ini ditujukan khusus untuk PNS, TNI, dan Polri. Peserta LPDP dari instansi pemerintahan tersebut harus memiliki surat persetujuan dari pimpinan lembaganya untuk mengikuti pendidikan jika diterima kelak.

Program beasiswa tertarget ini ditujukan juga kepada para pelaku usaha atau wirausaha untuk melanjutkan kuliah ke program masgister di luar negeri. Beasiswa khusus untuk wirausaha ini dibuka karena melihat tren masyarakat di kancah bisnis global.

Beasiswa reguler

Jenis ketiga program beasiswa LPDP adalah beasiswa reguler. Jenis ini merupakan jenis yang paling banyak peminatnya. Beasiswa LPDP reguler ditujukan untuk mereka yang ingin meneruskan pendidikan sarjana, magister maupun doktoral. Program ini juga terbuka untuk seluruh peserta yang ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi peringkat utama dunia (PTUD) di luar negeri. Fasilitas ini yang membuat jenis reguler itu tidak pernah sepi peminat.

Tahapan seleksi yang harus dilalui baik peserta afirmasi, tertarget ataupun yang reguler sama. Peserta harus lolos seleksi administrasi sebelum masuk ke tahapan seleksi berikutnya. Seleksi substansi akademik (tes skolastik), seleksi wawasan kebangsaan, dan wawancara merupakan seleksi tahap berikutnya. Peserta yang memilih untuk mendaftar di PTUD dengan LPDP harus dapat melewati seleksi substansi akademik dan seleksi wawasan kebangsaan.

Pendaftaran tahap kedua akan digelar awal Agustus hingga awal September tahun ini. Segera persiapkan dirimu untuk mendaftar pada program beasiswa incaran anak bangsa ini!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*